Baca Berita dan Informasi Terkini Berbagai Hal

Kumpulan Berbagai Macam Berita ataupun Artikel yang Bermanfaat untuk Anda Baca dan Nimati

tanaman herbal tradisional untuk menyembuhkan penyakit iSPA

Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau ISPA adalah penyakit saluran pernafasan atas atau bawah, biasanya menular, yang dapat menimbulkan berbagai spektrum penyakit yang berkisar dari penyakit tanpa gejala atau infeksi ringan sampai penyakit yang parah dan mematikan, tergantung pada patogen penyebabnya, bisa jadi karena faktor lingkungan, dan faktor penjamu.

Namun demikian di dalam pedoman ini ISPA  didefinisikan sebagai penyakit saluran pernafasan akut yang disebabkan oleh agen infeksius yang ditularkan dari manusia ke manusia. Timbulnya gejala biasa nya sangat cepat yaitu dalam waktu beberapa jam sampai beberapa hari.

Gejala Nya meliputi demam, batuk, dan sering nyeri tenggorokan, pilek, sesak napas, mengi, atau kesulitan bernafas. Contohnya patogen yang menyebabkan ISPA yang dimaksud dalam pedoman ini adalah rhinovirus, respiratory virus dan virus influenza. Oleh karena itu saya merekomendasikan dibawah ini beberapa tanaman herbal tradisional alami yang bisa anda gunakan sebagai obat penyakit ISPA berikut ini adalah:

f:id:amuzakki:20210116105200p:plain

1. Tanaman Sambiloto

Daun atau tanaman sambiloto ini banyak sekali manfaatnya seperti mengandung senyawa andrographolide, yang merupakan senyawa lakton diterpenoid bisiklik. Daun dan percabangannya mengandung  laktone yang terdiri dari deoksiandrografolid, homoandrografolid dan andrografolid, mineral kalsium, natrium, damar, asam kersik dan kalium.

Tanaman sambiloto mempunyai banyak manfaat dan keuntungan. Seperti daunnya yang sangat padat dibuat obat sakit demam dan obat menguatkan badan seperti tonikum. Namun tanaman ini juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit Hipertensi, Disentri, kencing nanah, malaria, darah tinggi dan menurunkan penyakit ISPA.

2. Bunga Krisan

Tanaman yang dapat mengobati penyakit infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA yaitu salah satunya dengan bunga krisan. Karena bunga Krisan ini memiliki antibiotik serta anti radang yang mana daun Krisan sangat efektif sekali untuk mengatasi dalam berbagai macam keluhan dalam saluran pernafasan.

3. Tanaman Echinacea Purpurea

Salah satu tanaman herbal alami untuk menyembuhkan Infeksi Saluran Pernafasan Akut adalah dengan Echinacea Purpurea. Karena tanaman herbal ini berkhasiat yang telah dikenal oleh suku asli Indian, yaitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan berekembangnya patogen arau (virus dan bakteri).

Echinacea Purpurea tersebut merupakan tanaman khas asli Amerika Utara dan Eropa. Di Indonesia sendiri belum ada yang berhasil membudidayakan tanaman herbal tersebut. Karena untuk mendapatkan khasiat dari tanaman ini anda bisa mengkonsumsi nya dalam bentuk ekstrak Echinacea Purpurea.

f:id:amuzakki:20210116105415j:plain

4. Jahe

Penggunaan jahe sebagai salah satu obat herbal alami tak lagi diragukan dalam dunia medis. Apalagi untuk penyakit ISPA, jahe tersebut memang termasuk salah satu obat herbal yang dianggap paling efektif. Karena tanaman jahe ini mengandung banyak sekali manfaat seperti sebagai antiradang, antimikroba, antivirus hingga mampu mengatasi penyebab utama infeksi saluran pernafasan. Tidak salah lagi tanaman herbal jahe tersebut bisa dikonsumsi secara langsung atau direbus dalam air yang mendidih atau bisa dibakar.

5. Herbal Teh Hijau Dan Teh Hitam

Bagi anda yang sedang mengalami penyakit ISPA saya rekomendasikan untuk mengkonsumsi teh hangat baik teh hijau maupun teh hitam. Karean dapat meredakkan gejala hidung tersumbat atau kongesti yang sangat mengganggu dari saluran pernafasan bagian atas yang umumnya disebabkan oleh virus terutama virus ribonucleic acid.Hal tersebut dikarenakan mengandung theophylline pada daun teh yang diseduh akan membuka saluran pernafasan dan memudahkan proses bernafas. Jenis teh hitam dan teh hijau tersebut sangat dianjurkan untuk dikonsumsi 5 cangkir teh hangat tiap hari nya.

6. Kencur   

Karena tanaman herbal kencur ini sudah menjadi salah satu obat tradisional dari zaman dahulu hingga sekarang untuk mengobati penyakit infeksi saluran pernafasan akut. Yang bisa anda buat di rumah anda sendiri, yaitu untuk dijadikan sebagai bahan untuk mengobati penyakit infeksi saluran pernafasan akut. Karena tanaman kencur ini merupakan salah satu tanaman yang bagus untuk dicoba oleh penderita penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Dikarenakan tanaman herbal kencur tersebut memiliki banyak sekali manfaat yang luar bisa.

7. Kulit Manggis

Selain jahe dan kencur yang bisa membantu menyembuhkan ISPA, namun kulit manggis juga bisa membantu mengobati penyakit infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA. Karena kulit manggis solusi pengobatan penyakit ISPA tanpa adanya efek samping dan terjangkau oleh masyarakat dari kalangan apapun. 

Karena kulit manggis mengandung senyawa Xanthone yang meliputi mangostin, mangostenol A dan B, gartanin dan trapezifolixanthone. Dari senyawa yang saya sebutkan tersebut sangat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Terutama sebagai penyembuhan infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA.

f:id:amuzakki:20210116105951j:plain

8.Bandotan

Tanaman yang selanjutnya adalah bandotan. Bandotan ini merupakan tanaman untuk mengobati penyakit pada organ tubuh manusia lebih tepatnya pada ISPA. Karena tanaman ini kita sering menemui tanaman bandotan ini dipinggir jalan dan termasuk kedalam tanaman yang banyak sekali  digunakan sebagai obat alternatif yang alami. Namun tanaman ini banyak sekali kandungan yang berkhasiat seperti, alkaloid, kumarin, dan asam amino. Tanaman ini juga bisa menyembuhkan penyakit pada pernafasan lebih tepatnya di bagian LIPSA.

9.Daun Bayam Duri

Tanaman berikutnya adalah tanaman dari daun bayam duri. Karena daun bayam duri ini banyak sekali manfaatnya untuk berbagai jenis pengobatan salah satunnya menyembuhkan penyakit ISPA dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu tanaman daun bayam duri ini juga bisa mengobati penyakit seperti mengobati TBC, disentri, keputihan dan yang lainya. Dengan begitu daun bayam duri juga bisa mengobati demam akibat dari penyakit infeksi saluran pernafasan akut.

10.Bawang Putih

Tanaman bawang putih tersebut sebagai profilaksis atau terapi awal dapat menurunkan frekuensi cold pada pasien anak dewasa, namun tidak memiliki efek terhadap durasi gejala. Bawang putih ini juga dapat meredakan kongesti atau hidung tersumbat yang merupakan gejala awal dari commond clod. Cara yang paling efektif yaitu dengan menambahkan irisan bawang putih pada kuah sup hangat, hal tersebut karena irisan bawang putih ini akan melaksanakan senyawa allicin yang merupakan antibiotik alami yang akan membunuh virus dan infeksi bakteri teruntuk bagi penyakit ISPA.

f:id:amuzakki:20210116110226j:plain

Demikian artikel di atas yang dapat saya sampaikan mengenai tanaman tradisional untuk menyembuhkan penyakit ISPA. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat, saya juga merekomendasikan anda selain mengenal dan meramu tanaman herbal sebagai obat ISPA anda juga bisa membelinya di toko herbal online. DI toko herbal online tersebut anda bisa memilih segala obat herbal dengan berbagai khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tidak hanya menyediakan untuk menyembuhkan penyakit ISPA saja tetapi banyak sekali yang bisa anda beli untuk menyembuhkan penyakit anda. Selamat membaca!