Baca Berita dan Informasi Terkini Berbagai Hal

Kumpulan Berbagai Macam Berita ataupun Artikel yang Bermanfaat untuk Anda Baca dan Nimati

Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga Yang Seru Dan Mengasyikkan

Liburan menjadi momen relaksasi dari rutinitas sehari-hari yang semakin diminati masyarakat. Akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga tercinta. Kapan lagi mengajak kakek, nenek, paman, bibi, dan semua keponakan-keponakan Anda jalan  barengSelain lebih seru, liburan dengan keluarga besar akan memberikan kesempatan untuk mempererat tali persaudaraan Anda. Sayangnya, liburan kadang malah bikin pusing kepala untuk sebagian orang yang mempunyai banyak anggota keluarga.

  

Terlebih lagi, akhir-akhir ini banyak yang mengurungkan minat berlibur karena anggapan bahwa liburan itu mahal dan boros. Padahal ada tips wisata keluarga yang bisa diterapkan jika Anda ingin tetap hemat. Namun, tentunya pastikan keluarga besar Anda sama-sama sepakat sebelum liburan dimulai. Berikut ulasan mengenai tips liburan hemat bersama keluarga yang seru dan mengasyikkan yang perlu Anda terapkan.

1. Menentukan Destinasi Wisata Tujuan

f:id:amuzakki:20190725155744j:plain
                               Destinasi Wisata, Sumber : dontacceptrape.com

Satu hal yang paling harus dihindari dalam berwisata hemat adalah memutuskan destinasi wisata secara spontan. Apalagi bila Anda akan berwisata dengan jumlah orang yang tidak sedikit.

Diskusikan terlebih dahulu bersama keluarga besar Anda, kemana tujuan liburan yang diinginkan. Melakukan diskusi dengan keluarga besar ini setidaknya beberapa bulan sebelum waktu liburan.

Pastikan juga Anda berperan sebagai notulen dalam diskusi penentuan wisata ini. Jangan sampai keputusan yang sudah dibuat dimentahkan kembali di saat jelang waktu liburan.

Satu hal lagi, Anda sebaiknya melakukan survei kecil-kecilan terkait opsi lokasi wisata beserta budget penginapan dan sewa kendaraan. Hal ini akan memengaruhi hasil diskusi penentuan budget dan lokasi wisata.

2. Menentukan Budget

Budget adalah poin penting sekaligus titik kritis penentuan apakah wisata bisa atau tidak mungkin untuk dilaksanakan. Siapa tahu ada anggota keluarga yang sedang tidak punya budget untuk itu.

Dalam hal penentuan budget ini tidak serta merta harus sama rata. Biasanya porsi biaya terbesar memang ditanggung oleh anggota keluarga yang paling tua. Ini bukan berarti kakek dan nenek Anda  tentunya. Umumnya biaya akan dibagi di antara mereka yang dalam usia produktif bekerja.

Kembali ke hal budget. Buat catatan lengkap yang meliputi semua bentuk pengeluaran, apapun bentuknya. Sedetail mungkin. Pencatatan sebaiknya dibuat per hari. Mulai dari hari persiapan sampai dengan tiba kembali ke rumah.

Hal ini berlaku apabila ada perlengkapan tertentu yang memang harus dibeli sebelum waktu liburan dilaksanakan. Pisahkan budget yang dibutuhkan. Maksudnya, buat pemisahan pencatatan antara budget yang dibutuhkan per keluarga kecil dan budget yang akan ditanggung bersama.

3. Membuat Jadwal Wisata

Jadwal perjalanan memang tampak merepotkan. Padahal jika bepergian dengan jumlah orang yang tidak sedikit, jadwal ini akan sangat membantu untuk menghemat waktu dan energi.

Dalam membuat jadwal perjalanan keluarga, sebaiknya kamu tidak terlalu ketat soal waktu. Apalagi jika jumlah orang berusia lanjut atau balita cukup banyak. Cukup tentukan waktu untuk mengunjungi titik lokasi yang akan didatangi dalam setiap hari.

Jangan lupa untuk memastikan waktu beristirahat yang cukup bagi seluruh keluarga. Buatlah variasi lokasi wisata. Akan lebih bijak bila memilih lokasi wisata dengan mempertimbangkan beberapa aspek terkait fasilitas.

4. Menyewa Kendaraan

f:id:amuzakki:20190725160236j:plain

                                       Bus Wisata, Sumber : jogjarafira.com

Membawa kendaraan sendiri memang terdengar menarik dan hemat. Namun jika jumlah rombongan melebihi 25 orang, akan lebih baik bila menggunakan kendaraan sewa yang berkapasitas penumpang besar.

Bisa elf, minibus, atau bus wisata, pilihan tergantung dari budget serta kenyamanan Anda. Selain budget, yang perlu Anda pertimbangkan adalah kendaraan apa yang memungkinkan untuk menuju ke lokasi wisata.

Jika berpetualang ke pegunungan dengan jalan yang agak sempit, mungkin akan lebih baik menggunakan elf ketimbang bus wisata. Namun, bila Anda akan menuju hotel dan lokasi wisata yang terletak di jalan-jalan besar, bus wisata dalah pilihan yang paling nyaman.

Pastikan pula Anda menanyakan fasilitas apa saja yang Anda peroleh saat melakukan penyewaan. Bukan cuma itu, tanyakan juga apakah supir yang akan menemani perjalanan Anda sudah familier dengan lokasi-lokasi wisata yang akan dituju.

Demikian ulasan mengenai tips liburan hemat bersama keluarga yang seru dan mengasyikkan yang perlu Anda juga terapkan. Dengan perencanaan yang matang tentu liburan Anda jadi lebih nyaman. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.