Baca Berita dan Informasi Terkini Berbagai Hal

Kumpulan Berbagai Macam Berita ataupun Artikel yang Bermanfaat untuk Anda Baca dan Nimati

Manfaat Pandan, Salah Satunya Sebagai Tanaman Hias

Pandan adalah salah satu jenis tumbuhan yang sering digunakan sehari-hari di Indonesia. Salah satunya adalah sebagai bahan kue atau makanan. Namun ternyata, pandan adalah tumbuhan yang memiliki berbagai macam manfaat.

 

Dalam hal ini, kita membahas pandan secara keseluruhan. Karena pandan juga memiliki berbagai macam jenisnya. Tidak semua jenis pandan cocok untuk dijadikan bahan kue atau pembuatan makanan.

 

Beberapa macam pandan ini diantaranya :

1. Pandan wangi (Pandanus ammaryllifolius) yang bisa jadi adalah spesies yang paling sering kita temukan,

2. Pandan duri yang memiliki daun yang sama namun bergerigi yang merupakan jenis pandan yang dimanfaatkan sebagai bahan baku anyaman produk,

3. Berbagai pandan lainnya yang jarang diketahui seperti pandan laut, pandan hias dan lain-lain.

 

Manfaat Pandan

 

Dari berbagai macam pandan tadi, tanaman yang satu ini dimanfaatkan menjadi berbagai macam produk atau kegunaan. Dari berbagai macam manfaatnya, salah satunya bahkan bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Nah, seperti apa pandan dimanfaatkan? Berikut diantaranya.

 

f:id:amuzakki:20200629232428j:plain

Tanaman Pandan Hias, sumber ig myfossilcollections

1. Kosmetik

 

Manfaat pandan sebagai bahan produk kosmetik bisa berupa parfum dan pewarna produk kosmetik. Pandan memiliki aroma yang menarik serta merupakan salah satu sumber pewarna alamiah hijau.

 

2. Herbal

 

Manfaat pandan sebagai bahan herbal adalah daun pandan yang dijadikan bahan untuk obat-obatan alami. Pandan ternyata dapat mengobati beberapa masalah kesehatan pada manusia. Meskipun mungkin terdapat perbedaan dan harus diteliti lebih dalam, berikut beberapa manfaat kesehatan dari pandan.

 

Mengatasi Insomnia. Kandungan tannin dalam daun pandan juga efektif meredakan dan mengatasi insomnia dan gangguan tidur lainnya. Jika anda sering gelisah dan sulit tidur cobalah rebus daun pandan wangi dan minum sebelum tidur.

 

Mengatasi Nyeri dan Radang. Kandungan daun pandan juga bersifat analgetik yang berkhasiat meredakan nyeri dan radang, seperti sakit kepala, arthritis, dan nyeri dada. Minum rebusan teh daun ini berguna mengatasi kram perut.

 

Mengontrol Kadar Gula Darah. Penelitian di jurnal Pharmacognosy Magazine menemukan ekstrak daun pandan ternyata ampuh mengontrol dan menurunkan gula darah postprandial. Ekstrak ini juga mampu merangsang produksi insulin pada sel-sel pankreas dan sumber antihiperglikemik alami.

 

Mengatasi Kanker. Sebuah penelitian melaporkan manfaat daun pandan wangi yang diekstrak mempunyai efek antimitotik, sitotoksik, apoptosis, dan antiproliferatif yang efektif dalam menghambat pertumbuhan kanker. Pengobatan tradisional juga telah membuktikannya.

 

Menetralisir Racun. Daun pandan wangi juga punya khasiat mengatasi keracunan. Bahkan teh daun pandan ampuh menghalau racun dan kotoran dari tubuh sekaligus sebagai pencahar ringan yang aman untuk anak.

 

Menghitamkan Rambut. Daun pandan rupanya efektif melebatkan dan menghitamkan rambut. Rebus 7 lembar daun pandan dengan 1 liter air lalu embunkan semalaman. Hasilnya campurkan dengan air perasan buah mengkudu matang untuk mencuci rambut anda. Dan berbagai manfaat lainnya.

 

3. Tanaman Hias

 

Jenis pandan yang dijadikan sebagai pandai hias adalah Pandan Bali (Cordyline australis). Pandan ini dapat ditemukan di pesisir pantai atau di hutan. Bunga-bunganya berwarna putih-krim dan terkumpul pada malai-malai yang besar.

 

4. Bahan Makanan

 

Meskipun bukan sebagai bahan utama, namun pandan di Indonesia dipakai sebagai bahan untuk berbagai makanan. Daunnya digunakan sebagai bahan tambahan untuk menanak nasi, mengkukus ubi dan berbagai makanan lainnya.

 

f:id:amuzakki:20200629232653j:plain

Daun Pandan pada Kue, sumber : dapur.buguru

 

5. Bahan Kue

 

Daun pandan juga digunakan untuk bahan tambahan pada kue. Keharumannya dapat menarik selera makan. Selain itu daunnya juga menjadi pewarna hijau alami pada kue. Daun pandan juga digunakan sebagi garnis sehingga membuat tampilan kue semakin menarik.

 

6. Bahan Baku Anyaman

 

Untuk pandan yang dijadikan sebagai bahan baku anyaman adalah pandan berduri. Pandan jenis ini sering ditemukan liar dan bentuknya lebih besar dibandingkan pandan yang digunakan untuk bahan makanan dan tanaman hias. Pada daunnya terdapat sirip atau duri.

 

Itu dia berbagai macam manfaat pandan. Jika Anda ingin menjadikan pandan sebagai penghias taman rumah Anda, hubungi jasa taman Jogja. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan menarik untuk Anda. Simak terus berbagai macam informasi lainnya di halaman baca berita. Terima kasih.