Baca Berita dan Informasi Terkini Berbagai Hal

Kumpulan Berbagai Macam Berita ataupun Artikel yang Bermanfaat untuk Anda Baca dan Nimati

Pertimbangkan Faktor Berikut, Sebelum Membeli Rumah Murah

Rumah murah bertipe minimalis dengan tawaran bunga rendah atau rumah subsidi Serang memang menjadi penawaran yang menarik. Dengan kondisi rata-rata perekonomian di Indonesia, peluang untuk memiliki rumah menjadi semakin terbuka lebar dari keberadaan rumah murah ini. Namun, ada faktor-faktor yang perlu diperhatikan supaya membeli rumah murah ini menjadi hal yang menguntungkan.

 

Sebenarnya faktor-faktor yang menjadi pertimbangan hampir sama dengan pertimbangan saat Anda membeli rumah dengan cara apapun. Namun, akan lebih merugikan apabila mendapatkan rumah dengan lebih terjangkau tetapi akhirnya tidak memberikan manfaat yang banyak untuk aktivitas sehari-hari.

 

Lantas faktor apa saja yang perlu menjadi pertimbangan untuk menerima tawaran rumah murah? Sebelum membahasnya, tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu menyimak perbedaan tawaran penjualan rumah subsidi dengan rumah non subsidi.

 

Perbedaan Rumah Subsidi dan Non Subsidi

f:id:amuzakki:20200708134752j:plain

Perumahan Subsidi, sumber : HousingEstate

Rumah subsidi adalah proyek yang dibangun dengan mendapatkan subsidi dari pemerintah. Jadi secara umum, definisi rumah subsidi adalah rumah yang mendapat subsidi dari pemerintah agar mudah dimiliki secara angsuran pembayarannya.

 

1. Metode Pembayaran

 

Rumah subsidi dalam masalah pembayaran angsurannya mendapatkan keringanan dari sisi bebas pajak (ppn)-nya. Sedangkan rumah non subsidi, rincian angsuran pembayarannya termasuk pajak pendapatan negara atau ppn. Dari sisi ini, rumah subsidi dikatakan sebagai rumah murah.

 

2. Tipe Rumah

 

Rumah subsidi hanya menjual tipe 36. Rumah tipe 36 adalah bangunan yang dibangun dengan luas tanah 36 meter persegi. Tipe rumah ini cocok untuk pasangan atau keluarga kecil. Biasanya, desain rumah minimalis yang ada merupakan rumah tipe 36. Hanya saja, sebagian berada di tanah yang luas.

 

3. Lokasi Rumah

 

Dilihat dari lokasi perumahannya, kebanyakan rumah subsidi memiliki lokasi yang lebih jauh dari pusat aktivitas. Hal ini wajar, karena semakin dekat dengan pusat keramaian dan pada lokasi yang strategis, harga rumah yang ditawarkan akan semakin mahal.

 

4. Renovasi

 

Syarat dari rumah subsidi salah satunya adalah dari sisi pemanfaatannya. Rumah subsidi harus dimiliki lebih dari 2 tahun terlebih dahulu baru kemudian bisa dimanfaatkan seperti di renovasi. Hal ini berbeda dengan rumah non subsidi.

 

Faktor pertimbangan membeli rumah

f:id:amuzakki:20200708134934j:plain

Ilustrasi Lokasi Perumahan, sumber : Warta Kepri

 

Memang kita membutuhkan rumah. Apalagi jika tawarannya memberikan peluang yang besar untuk semakin mudah memiliki rumah sendiri. Namun, tentu saja, apabila memiliki rumah yang tidak sesuai dengan kebutuhan akan menyulitkan di masa yang akan datang. Nah, sebelum menerima tawaran membeli rumah dengan harga murah, pertimbangkan faktor berikut ini :

 

1. Keamanan Lingkungan

 

Setelah merasa cocok dengan tipe bangunan yang dipilih, Anda perlu mempertimbangkan keamanan lingkungannya. Saat ini para developer membangun perumahan dengan one gate system. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan menjaga keamanan.

 

2. Jangkauan Fasilitas Publik

 

Hal selanjutnya adalah berkaitan dengan fasilitas publik. Salah satu contohnya adalah rumah sakit. Anda bisa mempertimbangkan lokasi perumahan yang dapat memudahkan untuk menjangkau rumah sakit. Tentu saja bukan cuma rumah sakit, pusat perbelanjaan, kantor-kantor dan yang sejenisnya.

 

3. Kebersihan Lingkungan

 

Biasanya perumahan dibuat dengan susunan tertentu serta berdampingan. Karenanya, akan sangat terasa apabila kebersihan lingkungannya tidak terjaga. Maka, Anda perlu mencari informasi bagaimana pengelolaan sampah, saluran pembuangan air dan hal lain yang berkaitan dengan kebersihan lingkungannya.

 

4. Keasrian Lingkungan

 

Keasrian lingkungan menjadi salah satu faktor kenyamanan tinggal di lingkungan perumahan. Semakin sedikit ruang hijaunya, maka rumah-rumah di lingkungan semacam ini akan lebih terasa panas. Maka, semakin asri lingkungannya apalagi jika terdapat ruangan hijau seperti taman dengan pepohonan, bisa dipastikan Anda akan lebih nyaman.

 

5. Akses Transportasi Mumpuni

 

Perumahan di lingkungan padat penduduk yang menjadi salah satu masalahnya adalah akses transportasinya. Anda bisa mempertimbangkan, apakah ingin tinggal di perumahan yang jauh dari jalan atau dekat dengan jalan. Begitu juga terkadang ada yang membutuhkan area perumahan yang dekat dengan Tol. Semua menurut kriteria kebutuhan masing-masing.

 

Itu dia beberapa faktor untuk dipertimbangkan sebelum membeli rumah. Semoga informasi ini dapat memberikan referensi tambahan untuk Anda. Simak berbagai ulasan menarik lainnya di blog baca berita.