Baca Berita dan Informasi Terkini Berbagai Hal

Kumpulan Berbagai Macam Berita ataupun Artikel yang Bermanfaat untuk Anda Baca dan Nimati

Unsur Dan sifat Logam Untuk Dijadikan Sebagai Kerajinan

Logam adalah salah satu jenis unsur kimia yang siap dibentuk menjadi ion kation. Yang maan sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Logam adalah salah unsur yang dibedakan oleh sifat ikatan metaloid dan nonlogam, dan memiliki sifat yang keras,kuat  memiliki cair yang tinggi dan dapat menghantarkan panas listrik dengan baik dibandingkan dengan bahan-bahan yang lainnya. Logam tersebut berasal dari bijih logam, yang hanya didapat dengan cara penambangan.

Bijih logam yang ditemukan dengan cara penambangan terlebih dahulu dilakukan proses pendahuluan sebelum diolah dalam pengolahan logam dengan cara dipecah sebesar air kepalan tangan, dipilih yang mengandung unsur logam, dicuci dengan air untuk mengeluarkan kotoran, dan cara yang terakhir adalah dengan cara dipanggang untuk mengeluarkan uap yang mengandung air.  Untuk jenis logam yang murni ada emas. perak, tembaga, seng, dan platina.

f:id:amuzakki:20201219142507j:plain

Sifat dan Unsur Logam

Dalam pengertian di atas logam  adalah unsur kimia yang keras dan dapat mencair pada titik didih yang sangat tinggi. Serta dapat digunakan pada berbagai kerajinan dan peralatan lainnya seperti peralatan bagunan rumah dan peralatan dapur. Untuk unsur unsur logam yang banyak dikenal antara lain logam dan non logam. Seperti yang diketahui bahwa sifat dan unsur logam sangat banyak diketahui berikut sesuai sifat dan unsur diantaranya adalah:

Sifat Logam

  • Merupakan sifat dan unsur yang terdapat pada logam  yang berhubungan dengan kemampuan suatu atom melepas elektron atau menjadi bermuatan positif membentuk kation.
  • Merupakan Penghantar yang baik untuk  panas dan dan listrik.
  • Dapat diulur menjadi kawat.
  • Memiliki kerapatan relatif tinggi dengan sifat kerapatan logam dan menunjukkan struktur logam.
  • Memiliki tingkat kekerasan dan kekuatan berbeda.
  • Pada suhu kamar umumnya berbentuk padat kecuali raksa atau berwujud cair.

SIfat Non Logam

  • Sifatnya penghantar listrik yang buruk kecuali karbon dalam bentuk grafit.
  • Pada umumnya tidak mengkilap kecuali karbon dalam bentuk intan.
  • TIdak dapat ditempa atau di gembleng.

Unsur Logam

Pada unsur logam material bahan ini bersifat sangat mengkilap dan mampu menjadi penghantar listrik dan panas yang sangat baik. Untuk logam sendiri pada umumnya berbentuk padat pada tekanan dan suhu yang normal, kecuali raksa. Pada dasarnya logam sangat mudah ditempa sehingga dapat dibentuk menjadi berbagai peralatan dan bahan. Untu jenisnya antara lain aluminium, besi, emas, natrium dan magnesium.

Unsur Non Logam

Non Logam adalah kelompok unsur kimia yang bersifat elektronegatif, yaitu lebih mudah menarik elektron valensi dari atom lain daripada melepasnya. Unsur-unsur yang termasuk dalam non logam antara lain: Halogen. Bromin, Iodin, Astatin dan Ununseptium.

f:id:amuzakki:20201219143901j:plain

Logam Dijadikan Sebagai Kerajinan

Selani pengertian sifat sifat dan unsur logam di pembahasan selanjutnya akan membahas tentang logam yang akan dijadikan sebagai kerajinan. Dengan ini saya sampaikan bahwa kerajinan logam adalah kerajinan yang saat ini digemari oleh masyarakat. Alasannya cukup beragam namun yang paling lumrah adalah memiliki produknya memiliki bentuk yang unik.

 

Karen memiliki bentuk yang indah dan unik biasannya kerajinan ini memiliki harga jual yang cukup mahal.  Contohnya kerajinan logam yang memiliki harga yang cukup mahal seperti patung gelang dan kalung atau bentuk kerajinan yang lainnya Kerajinan logam memiliki banyak teknik yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan jenis bahan yang diolah. Masing-masing bahan memiliki cara pengolahan yang berbeda karena jenisnya berbeda.

 

Disinilah manfaat logam yang bisa diolah menjadi peralatan rumah dan perhiasan seseorang. Disinilah ada berapa bahan dasar yang dapat dibuat kerajinan, antara lain adalah emas, perak perunggu, besi kuningan, aluminium dan lain sebagainya. Salah satu contoh kota sentra kerajinan logam berbahan dasar emas dan perak di Indonesia adalah Kotagede yang terletak di kota Yogyakarta. Kota inilah menjadi sentra beberapa kerajinan logam seperti emas dan perak.

 

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan perhiasan dan benda-benda yang dihasilkan cukup beragam seperti medali, souvenir pernikahan gantungan kunci dan lain sebagainya. Kerajinan Logam yang berbahan dasar emas dan perak tersebut memiliki banyak unsur yang terkandung di dalam emas dan perak tersebut. Serta sifat yang ada pada kedua logam tersebut. Maka kota Jogja juga menyediakan jual medali dengan banyak pilihan yang dapat digunakan sebagai penghargaan dan hadiah.

f:id:amuzakki:20201219143529j:plain

Berikut ini adalah contoh kerajinan logam yang bisa anda ketahui:

Alat Musik 

Alat musik seperti terompet, sambal,  gamelan dan lain sebagainya . Namun ada beberapa alat musik yang tidak terbuat dari bahan dasar logam seperti gitar, drum, biola dan lain sebagainya.

Miniatur Kendaraan Tradisional

Kerajinan miniatur kendaraan tradisional juga bisa kita buat menggunakan bahan dasar logam. Dan tidak hanya itu miniatur tersebut jug dibuat dari logam seperti kuningan dan besi. Hasilnya akan lebih berat dibandingkan miniatur kendaraan dari kayu atau plastik.

Uang

Tidak hanya alat musik saja yang terbuat dari logam tetapi uang bisa juga bisa dibuat dari logam. Tidak lain adalah uang kepeng dari logam. Contohnya pada uang Rp 500 perak dan Rp1.000. Bagan depan yang terdapat angka dan gambar, sedangkan belakangnya biasanya bergambar burung garuda dan tahun pembuatannya.

Perhiasan

Banyak perhiasan yang digunakan merupakan bahan dasar dari logam, seperti kalung emas atau perak dan gelang dan cincin perak dan emas juga. Bahan terdapat beberapa perhiasan dari bahan khusus sehingga dapat bertahan lama dan awet.

Guci

Contoh kerajinan yang terakhir adalah guci yang dapat dijadikan hiasan di dalam atau luar rumah. Dengan tersedianya banyak sekali jenis guci yang dapat dijadikan pilihan. Contohnya adalah dengan bahan silver atau kuningan. Maka pilihlah gci yang cocok dan konsep untuk mendekorasi rumah anda.

f:id:amuzakki:20201219143803j:plain

Itulah artikel yang dapat saya sampaikan semoga dapat memberi pengetahuan serta dapat memberikan informasi seputar unsur dan sifat logam untuk dijadikan sebagai kerajinan. Selamat bermanfaat!