Baca Berita dan Informasi Terkini Berbagai Hal

Kumpulan Berbagai Macam Berita ataupun Artikel yang Bermanfaat untuk Anda Baca dan Nimati

Dampak Perkembangan Industri Terhadap Ekonomi Indonesia

Perkembangan industri memiliki peran strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi secara berkelanjutan dan meningkatkan produktivitas fisik pada masyarakat melalui perluasan lapangan usaha dan memperluas pekerjaan. Perekonomian masyarakat di Indonesia dipengaruhi salah satunya dengan kegiatan industri, hal ini membuat dampak dan pengaruh kegiatan industri terhadap perekonomian di Indonesia.

Selain itu perkembangan industri dapat dikatakan sebagai sektor pemimpin. yaitu dengan adanya perkembangan industri tersebut maka akan memacu dan mengangkata pembangunan diberbagai sektor lainnya seperti pertanian, perdagangan dan sektor jasa. Dengan berkembangnya sektor-sektor lanjutan dari sektor industri tersebut, maka akan mendorong laju perekonomian industri di Indonesia. Dengan demikian akan menyebabkan meluasnya peluang kerja yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan dan permintaan masyarakat.

Selain itu pengembagan industri di Indonesia menyebabka meningkatanya kualitas sumber daya manusia dengan kemampuannya untuk memanfaatkan sumberdaya secara optimal. Perkembangan industri atau sering disebut dengan revolustri dimana revolusi dan perkembangan industri yang memiliki arti sebuah perubahan secara cepat dan menyangkut bahan baku atau bahan setengah jadi menjadi barang yang bermutu dalam penggunaannya untuk khalayak umum.

f:id:amuzakki:20210108113905j:plain

Sedangkan revolusi industri adalah suatu perubahan yang terjadi secara cepat dalam pelaksanaan dan proses produksi atau pembuatan serta meningkatkan nilai guna suatu barang yang semula menggunakan tenaga manusia tradisional dan manual sekarang beralih dengan menggunakan peralatan serba mesin modern.Seperti halnya dalam setiap revolusi industri sebelumnya selalu ada peluang baru dan ancaman.

Pada tingkat perseorangan kemampuan yang dibutuhkan untuk menguasai teknologi informasi yaitu kemampuan logika dan bahasa. Dengan logika dan dan ide dapat menghasilkan pemikiran baru tanpa melalui kemampuan berargumentasi dan berinteraksi dengan masyarakat dapat mewujudkan menjadi aplikasi fisik maupun nonfisik.Dalam lima tahun tetakhir pengemnbangan industri mengalami kenaikan.

Hal tersebut memungkinkan bahwa masyarakat yang telah berkecimpung dalam aktivitas industri. Industri mempunyai kecenderungan untuk memiliki nilai keluar dan masuk yang lebih tinggi daripada sektor lain meskipun sedikit. Sektor industri di Indonesia cukup berpotensial dan laju pertumbuhan yang cukup tinggi. Perkembangan di sektor industri ini didukung dengan nilai investasi yang tinggi serta kontribusi ekspor yang selalu meningkat.

Secara keseluruhan industri yang memberikan kontribusi besar dalam nilai sektor adalah industri. Nilai ekspor ini dapat dilihat dari jumlah dan nilai produksi. Pada tahun 2004 nilai ekspor adalah paling tinggi serta nilai ini terjadi peningkatan dari tahun ke tahun. Dengan adanya keberadaan industri di Indonesia ini tentu saja akan memberikan berbagai dampak kepada masyarakat.Dampak perkembangan industri akan terlihat dari perekonomian, aspek, lingkungan, dan kemasyarakatan.

f:id:amuzakki:20210108114413j:plain

Dalam perekonomian masyarakat dapat dilihat dari sambungan sektor industri terhadap masyarakat, jumlah tenaga kerja yang terpisah di sektor industri dan sambungan komoditi industri terhadap ekspor barang dan jasa. Setelah tahun 2000 keatas sampai negara-negara di dunia berinisiatif untuk melakukan persaingan tanpa melalui jalan kekerasan, cara tersebut dilakukan melalui pertumbuhan ekonomi di indonesia yang disebut sebagai revolusi industri. Setiap negara memiliki angka perubahan dan pertumbuhan industri yang berbeda-beda.

Seperti di Indonesia contohnya negara yang berperan aktif dalam perekonomian internasional memiliki dampak dan akibat dari perkembangan industri diantaranya adalah:

Dampak Positif Dalam Perkembangan Industri 

Dampak perkembangan industri sangat berperan penting dalam pembangunan negara-negara khususnya Indonesia atau di negara berkembang. Catatan sejarah menunjukkan, negara maju di dunia memutus lingkaran kemiskinan. Caranya dengan melakukan revolusi dan perkembangan industri daripada fokus pada pertanian, perdagangan dan sumber daya.

Dampak Positif

  • Berkemnanganya industri besar yang merambat pada sistema multinasional mengakibatkan terbukanya jumlah lapangan pekerjaan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat indonesia.
  • Berkemnangnya industri meningkatakan kuantitas dna kualitas barang-barang yang diproduksi suatu perusahaan. 
  • Berkemnangnya industri memungkinkan masyarakat dan negara mengoptimalkan sumber daya mereka yang mulai berkurang.
  • Peningkatan peluang kerja pada perkembangan industri membuka jalan pada tenaga khusus atau tenaga kerja ahli untuk lebih dikenal.
  • Perkembangan industri menciptakan sistem efektif dan efisien.
  • Perkembangan industri untuk peningkatan neraca pembayaran. Pada saat yang sama memproses bahan mentah didalam negeri akan membatasi impor barang sehingga menghambat devisa. Dampaknya orientasi dan substitusi impor dari perkembangan industri membantu meningkatkan neraca pembayaran.

f:id:amuzakki:20210108115013j:plain

Dampak Negatif

  • Perkembangan industri pada negara lain yang menciptakan masyarakat Indonesia yang konsumtif.
  • Industri dapat menimbulkan pencemaran, terutama berupa pencemaran udara, air, tanah dan pencemaran suara. Limbah industri yang tidak melalui pengolahan lebih dahulu akan merugikan kesehatan dan mata pencaharian petani di sekitarnya. 
  • Perkembangan industri mengakibatkan kesenjangan pendapat. Pemisah modal dana tenaga kerja menciptakan perbedaan pendapat antara buruh dan orang-orang yang mengendalikan sumber daya modal.
  • Munculnya perkembangan industri akan menyebabkan persaingan yang cukup signifikan sehingga industri dalam negeri memiliki nilai kualitas yang rendah.

Faktor perkembangan industri sangat besar sekali terhadap perkembangan perekonomian indonesia. Industri memegang peranan yang menentukan dalam perkembangan perekonomian sehingga benar-benar perlu didukung dan diupayakan perkembangannya. Dengan begitu anda bisa mendapatkan peluang bisnis properti yang bisa memperkecil dampak negatif dalam perkembangan industri terhadap perekonomian di Indonesia. Semoga informasi diatas dapat memberikan informasi yang tepat bagi para pembaca. Semoga bermanfaat!