Baca Berita dan Informasi Terkini Berbagai Hal

Kumpulan Berbagai Macam Berita ataupun Artikel yang Bermanfaat untuk Anda Baca dan Nimati

Inilah Berbagai Jenis Pakaian Muslim Pria di Indonesia

Pakaian muslim sering menjadi target saat berkunjung ke toko oleh-oleh haji Jogja. Meskipun memiliki berbagai produk khas oleh-oleh haji, namun pakaian muslim tetap yang paling laku saat musim lebaran. Namun, tahukah Anda ternyata terdapat berbagai jenis pakaian muslim dilihat dari asalnya?

Negeri muslim di dunia ini saat banyak. Dengan dipengaruhi oleh budaya negeri setempat, maka produk pakaian muslim juga menjadi beraneka ragamnya. Apakah Anda sudah tahu asal dari produk pakaian muslim yang selama ini Anda pakai? Simak ulasannya.

1. Baju Koko

Baju koko merupakan jenis busana muslim yang paling sering digunakan di Indonesia. Meski sangat populer di Indonesia tapi ternyata pakaian ini ternyata bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Tiongkok. Hal ini terlihat dari namanya. Nama “koko” muncul dari panggilan orang Indonesia pada golongan lelaki Tionghoa yang yakni engko/engko lalu berkembang jadi koko.

f:id:amuzakki:20200611164900j:plain

Baju Koko, sumber : fashionry - WordPress.com

Sebutan koko ini lambat laun semakin menempel hingga menjadi lebih di kenal dengan sebutan pakaian koko dan menjadi bukti histori otentik adanya akulturasi antara bangsa Indonesia dengan kebudayaan Tionghoa di tanah air. Desain awalnya sendiri berasal dari baju Tui khim yang ada di masa lalu.

Setelah melewati masa yang cukup panjang, baju koko yang selalu di identikkan dengan unsur Islam ini pun lambat laun berkembang semakin luas sebagai busana wajib bagi kaum muslim pria di Indonesia. Warnanya pun tidak hanya terbatas pada warna polos saja tapi beberapa ada juga yang dihiasi dengan ornamen bordir.

2. Tawb

Secara umum tawb atau thobes yang ada di Timur Tengah kebanyakan dibuat dengan panjang hingga mata kaki serta menutupi semua sisi badan. Dari segi warna serta motifnya tawb atau thobes lebih terkesan netral, tidaklah terlalu banyak ornament dan identik dengan karakter beberapa orang dari Timur Tengah.

Thawb yang ada di tiap-tiap negara sebenarnya juga mempunyai ciri khas sendiri. Kalau pakaian panjang bernama thawb yang ada di negara timur tengah atau negara lain kadang-kadang tidak berkerah atau dikancing maka thawb di Arab Saudi biasanya dilengkapi dengan dua atau tiga buah kancing sampai kerah pakaian.

Pada saat musim panas pria di Arab biasanya akan memakai thawb dengan bahan yang tidak tebal dan dapat menyerap keringat, misalnya saja kain katun. Sedangkan pada saat musim dingin pria di Arab biasanya akan memakai thawb dengan bahan yang lebih tebal dan hangat seperti halnya bahan wool.

3. Sherwani

Sherwani merupakan pakaian adat bangsawan muslim dari wilayah India dan negara tetangganya Pakistan yang biasa digunakan oleh aristokrat, bangsawan dan keturunannya, raja, serta sultan. Di negara asalnya pakaian ini kerap dijadikan sebagai lambang dari kemewahan dan strata sosial.

f:id:amuzakki:20200611165115j:plain

Sherwani, sumber : Pemerintah Kota Ambon

Sherwani umumnya banyak dibuat dalam ukuran panjang hingga ke bawah lutut, dengan motifnya yang detail dan memberikan kesan yang sangat mewah. Dengan karakteristinya yang mewah pakaian ini sangat cocok dipakai dalam acara formal, seperti acara pernikahan, jamuan dan pesta lainnya.

Khusus di Indonesia sendiri sherwani sangat jarang dikenakan oleh penduduk lokal. Tapi bagi keluarga pendatang asal India dan keturunan India yang tinggal di Indonesia sherwani seolah sudah menjadi pakaian biasa yang dapat dikenakan untuk acara keagamaan, pesta pernikahan maupun pesta adat lainnya.

4. Galabiyya

Galabiyya merupakan jubah longgar asal Mesir yang memiliki potongan hampir sama dengan thawb yakni memanjang hingga mata kaki. Meski mirip dengan thawb tapi pakaian ini modelnya sedikit lebih longgar dan dari segi tampilan juga lebih simpel karena dihias dengan detail minimalis.

Sekalipun di negara lain terdapat pakaian yang memakai desain sama tetapi galabiyya asal Mesir ini umumnya tetap mempunyai keistimewaan tersendiri yakni lebih memberikan kesan lebih casual. Meski terkesan casual galabiyya sendiri pada prinsipnya juga sangat cocok dipakai kemanapun dan kapanpun.

Itu dia beberapa jenis pakaian muslim yang sering dipakai dan tersedia di banyak toko pakaian muslim di Indonesia. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda. Simak terus berbagai informasi menarik di blog baca berita.