Baca Berita dan Informasi Terkini Berbagai Hal

Kumpulan Berbagai Macam Berita ataupun Artikel yang Bermanfaat untuk Anda Baca dan Nimati

Inilah Daftar 3 Software Gratis Edit Video untuk Pemula

Semua pasti sudah mengetahui, untuk membuat video yang bagus yang bisa memiliki banyak nilai yang tertuang pasti butuh di edit terlebih dahulu. Tidak hanya bermodalkan sudut pengambilan gambarnya saja, tapi juga butuh untuk di ubah dahulu isi videonya. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan hasil gambar yang didapatkan dengan maksud dan tujuan dibuatnya video itu. Nah oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang software atau aplikasi atau alat untuk mengedit video.

 

Software Gratis Edit Video

Software yang akan kami bahas berupa software edit video yang gratis dan mudah untuk digunakan untuk. Karena kita akan membahas ini dari awal dahulu, yaitu untuk pemula, kemudian dengan bermodalkan software yang gratisan agar proses belajar tidak mengeluarkan banyak biaya dan lebih fokus untuk melakukan pendalaman pengalaman.

1. iMovie

f:id:amuzakki:20191129163249j:plain

iMovie

Yang pertama adalah iMovie , aplikasi pengeditan video entry-level yang sangat baik yang dibangun oleh Apple terutama untuk pengguna Mac OS dan iOS. Menawarkan antarmuka yang sangat sederhana dan navigasi drag & drop, iMovie memungkinkan pengguna untuk menelusuri klip video dengan mudah; edit video & audio; dan menambahkan musik, narasi, dan foto ke video. Aplikasi pengeditan video gratis ini dimasukkan ke perangkat Mac, dan platform ini sangat bagus untuk mempelajari dasar-dasar pengeditan video sebelum menggunakan aplikasi kelas atas.

iMovie intuitif dan mudah digunakan, tetapi kesederhanaannya tidak mengganggu fungsi. Solusi ini tidak tersedia seperti beberapa kontrol editor kelas atas, tetapi alat gradien warna, penampilan film, tema berkelas, beberapa alat audio, alat organisasi media, dan alat penguncian kroma yang luar biasa menggantikan fungsi yang hilang. Juga, insentif untuk mulai mengedit di iPad atau iPhone Anda, dan menyelesaikan pekerjaannya di perangkat Mac Anda.

Apa yang membuat iMovie menonjol adalah meskipun menjadi freebie, editor video ini mendukung video 4K. Selain itu, iMovies dapat mengedit klip video yang direkam pada perangkat apa pun, dan tetap menjadi aplikasi terbaik bagi pengguna yang ingin membuat trailer gaya Hollywood dan film berbasis story biard. Bahkan lebih baiknya lagi, iMovie menawarkan penyesuaian kekuatan dan kontrol masking yang membuatnya mudah untuk mengatur efek video untuk mencapai kepercayaan optimal. Pengeditan video multicam dan 360 derajat mungkin tidak didukung oleh iMovie, tetapi dengan seperangkat alat pengeditan video yang mengesankan, aplikasi ini tetap menjadi pilihan yang bagus untuk pemula.

Jika Anda pengguna Mac OS yang rajin mencari fitur berbayar premium, Anda dapat menjelajahi program editing video terbaik untuk Mac .

Fitur Utama iMovie :

  • Alat chromakeying yang andal
  • Berbagai tema berkelas
  • Alat organisasi media
  • High-fidelity filters
  • Efek GreenScree
  • Tiles dengan kualitas studio
  • 80+ smart soundtrack

2. Filmora

f:id:amuzakki:20191129163344j:plain

Filmora

Filmora adalah program pengeditan video yang dirancang oleh Wondershare untuk pengguna baru, pemula, dan kasual. Program andal yang menampilkan UI elegan dan menyediakan alat pengeditan yang kuat untuk mempersingkat pengeditan video. Meskipun tidak memiliki banyak fitur canggih seperti kemampuan multi-cam dan alat VR, platform ini menawarkan overlay standar, transisi, pemangkasan, dan efek khusus yang memungkinkan Anda membuat video yang luar biasa.

Dibangun untuk perangkat Windows dan Mac, Filmora adalah editor video untuk pencipta semua jenis dan tingkat keterampilan. Alat-alat suaranya seperti penghilang kebisingan latar belakang, equalizer audio, dan keyframing memungkinkan Anda menambahkan suara yang sempurna ke klip video Anda. Selain itu, efek green screen dan dukungan untuk video 4K penuh, membantu Anda membuat video yang memukau.

Terlebih lagi, dengan Filmora anda sangat dimudahkan untuk membuat cerita yang canggih dengan 100 layer media. Dan juga, profesional 3D LUT dan filter kreatif memungkinkan Anda bisa membuat video yang sempurna hanya dengan satu klik. Apa yang membuat Filmora menonjol adalah alur kerjanya dan antarmuka menawarkan kurva yang rendah dan membuatnya mudah untuk memahami dasar-dasar pengeditan video tanpa kesulitan.

Fitur utama Filmora :

  • Menyediakan filter kreatif dan profesional 3D LUT.
  • Mudah untuk memperbaiki masalah kamera seperti guncangan kamera.
  • Menyediakan 100 layer media.
  • Efek green screen yang menyederhanakan pengomposisian.
  • Beberapa tool suara, seperti equalizer audio dan keyframing.

3. Blender

f:id:amuzakki:20191129163414j:plain

Blender

Selanjutnya adalah Blender , program open-source yang tangguh yang dibangun untuk pengguna Windows, Mac, dan Linux. Program ini dirancang sebagai perangkat lunak pembuatan animasi 3D, tetapi juga mempunya fitur editor video built-in. Editor video Blender memungkinkan Anda untuk melakukan operasi dasar seperti splicing video dan memotong video, tetapi anda juga bisa menggunakannya untuk fungsi yang lebih canggih seperti masking video.

Sebagai bagian dari paket Blender, alat pengeditan video menggunakan antarmuka fleksibel yang ideal untuk pemula dan pro videografer. Apa yang menarik adalah bahwa meskipun merupakan fungsi bawaan dari Blender suite, editor video telah tersedia semua fitur yang Anda butuhkan untuk mulai sebagai seorang videografer.

Beberapa kemampuannya yang terkenal termasuk bentuk gelombang luma, pratinjau langsung, tampilan histogram, dan vektor chroma. Blender bisa Anda gunakan untuk sync & scrub video, mencampur audio, dan menambahkan visualisasi bentuk gelombang dengan mudah. Selain itu, ada layer penyesuaian, beberapa filter, kontrol kecepatan, dan transisi yang dirancang untuk membantu Anda mengedit video dengan mudah.

Fitur utama Blender :

  • Menyediakan 32 slot untuk menambahkan audio, gambar, video, mask, adegan, dan efek.
  • Tersedia dengan beberapa filter dan transisi.
  • Mendukung tampilan histogram, pratinjau langsung, dan chroma vectorscope.
  • Memudahkan video scrubbing dan audio mixing.

Sekian ulasan dari kami tentang softwere gratis edit video. Untuk keperluan edit video yang lebih profesional dan mumpuni, lihat jasa edit video. Semoga bisa membantu anda semuanya. Terima kasih.